Kehamilan 23 Minggu

Trimester Kehamilan
12 3
Ketika kehamilan sudah mencapai 23 minggu, menjadi wanita hamil membuat bunda istimewa, tidak sadarkah bahwa orang-orang di sekeliling bunda memperlakukan dengan spesial? mungkin tiba-tiba teman sekantor bunda mengerjakan sedikit tugas bunda, atau tiba-tiba ada seseorang yang memberikan tempat duduknya ketika bunda terpaksa berdiri di Bus.

Fakta yang terjadi ketika Bunda hamil, apalagi mengijak kehamilan 23 minggu adalah bukan saja bunda menahan beban di perut, melainkan membawa ekstra beban juga pada bra bunda, bagaimana tidak, pertumbuhan buah dada bunda sejalan dengan pertumbuhan janin. 

Hal ini normal terjadi karena secara alami tubuh bunda mempersiapkan air susu sebagai makanan pertama bagi sang buah hati. Kadang bunda merasa pegal-pegal di bagian punggung atau pinggang, cobalah untuk rileks dengan memposisikan tubuh hingga nyaman, atau mintalah pasangan bunda untuk menggosok punggung bunda hingga terasa hangat dan nyaman.

hamil 23 minggu
Kehamilan 23 minggu
Jika puggung atau pinggang bunda terasa sakit sekali, mati rasa atau kesemutan di punggung bawah dan pinggul, . Cobalah cek dengan dokter bunda, untuk mengatasipasi adanya pengeroposan tulang, karena sebagian besar tulang sumsum bunda dipakai untuk membentuk tubuh sang bayi yang kini berumur 23 minggu di kehamilan bunda.

Bayi ketika di kehamilan 23 minggu, sudah mempersiapkan paru-paru untuk bernafas, selama 4 minggu kedepan, berat bayi bunda akan bertambah dua kali lipat, jadi bunda akan membutuhkan tenaga ekstra.  hamil 23 minggu perkembangan bayi adalah tubuhnya terlihat lebih proporsional, meskipun kepalanya masih agak besar dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Bayi Anda adalah sekitar 11 ½ inci panjang dan berat 1 pon.

pada kehamilan 23 minggu ini, sebaiknya bunda berhati-hati dalam setiap gerakan bunda, usahakan jangan melakukan gerakan tiba-tiba. jagalah bayi bunda terhadap benturan yang keras. Semoga bayi bunda tetap sehat di kehamilan 23 minggu ini.


3 comments:

Anonymous said...

dear kalender kehamilan, saat ini usia kandungan saya 23w4d, 4 hari yang lalu (tepat usia 23 minggu) saya cek usg ke dokter kandungan, kata nya semua sehat2 saja, hanya saja di otak ada sedikit cairan, tetapi kata dokter di usia 23 minggu memang janin masih memiliki cairan di otak, tapi tetap saja saya cemas, apa memang wajar ada cairan biarpun hanya sedikit? sementara otak nya sedang berkembang, mohon saran nya ya. terimakasih.

cara cepat hamil said...

nice info :)

Miles R said...

Hi nice reading youur post

Post a Comment

Kalender Kehamilan