Kehamilan 16 Minggu

Trimester Kehamilan
12 3
Usia kandungan kehamilan sudah berumur 16 minggu, banyak hal yang telah bunda dan bayi kecil lalui, saat bayi berumur 16 minggu ia akan belajar atau berlatih segala macam ekspresi wajah, seperti memicingkan mata, menguap dan meringis, terbayang kan bunda, ekspresi sang bayi ketika Ia lahir kedunia atau saat pertama kali ia merasakan aroma susu dan bubur bayi? pasti lucu dan membahagiakan, ekspresi tersebut ia pelajari di dalam perut kita saat berumur 16 minggu.
Kehamilan 16 Minggu
Kehamilan 16 Minggu
By 3dpregnancy.parentsconnect.com

Perkembangan lain yang terjadi saat kandungan 16 minggu adalah pembuluh darah yang sangat aktif, sang bayi bisa memompa darah sangat banyak ke tubuhnya, dan saat ini kulit bayi masih keriput dan tembus pandang alias transparan, jadi jika bunda bisa melihat ke dalam perut, bunda akan melihat pembuluh darah di bawah kulit sang bayi, menakjubkan bukan?

Nah saat kehamilan berumur 16 minggu atau sekitar 4 bulan, berat idelanya bisa mencapai 3 ons dengan panjang 10 - 13 cm. Masih tergolong kecil dan imut, namun sekarang bayi bunda sudah terbentuk dengan sempurna menyerupai manusia pada umumnya. 


Tips untuk Ibu hamil di saat kandungannya berusia 16 minggu adalah saat dimana ibu mendapatkan pemeriksaan Amniocentesis. Amniocentesis adalah suatu pemeriksaan diagnostik menggunakan cairan ketuban, untuk mengetahui kemungkinan kelainan pada janin. Pemeriksaan ini dilakukan dengan menusukkan jarum khusus ke dalam rahim untuk menyedot cairan ketuban. Penusukkan jarum ini dilakukan di bawah panduan alat ultrasound, sehingga kecil kemungkinan jarum akan melukai janin atau plasenta.

Dr. Irham Suheimi, SpOG dari RS Bunda Jakarta menyatakan, amniocentesis dilakukan untuk mengecek adanya kelainan bawaan/kromosom seperti resiko down syndrome atau infeksi seperti infeksi virus toksoplasmosis pada janin. Amniocentesis juga bisa dilakukan untuk mengetahui jenis kelamin janin. Namun perlu dilihat juga kondisi si ibu. Jika si ibu menderita penyakit khusus, seperti misalnya terjangkit HIV positif, kemungkinan amniocentesis tidak akan dilakukan. Ini untuk menghindari penyebaran infeksi dari ibu ke janin.

Dokter akan menyarankan Bunda untuk melakukan amniocentesis jika Bunda berisiko atau mempunyai riwayat masalah kelainan darah seperti perbedaan faktor rhesus, haemophilia, atau thalassemia; sindrom kelainan pernapasan, kelainan bawaan pada tulang belakang (spina bifida), dan lain-lain. Untuk melihat kematangan paru janin, amniocentesis bisa dilakukan di akhir usia kehamilan. Dan bagi ibu yang mempunyai perbedaan rhesus, amniocentesis harus dilakukan secara berkala.

Ibu bisa membaca sejumlah buku tentang bayi atau menonton video yang berkaitan dengan ibu hamil agar pengetahuan bunda tentang bayi dan kandungan bertambah. Wah ingat ya bunda saat ini adalah usia kehamilan 16 minggu.

2 comments:

cara cepat hamil said...

thanks for kalenderkehamilan :)

tina said...

jadi ga sabar nunggu kelahiran. masih lama hehehehe

Post a Comment

Kalender Kehamilan