Kehamilan 19 Minggu

Trimester Kehamilan
12 3

Kehamilan 19 Minggu

Ketika melewati masa kehamilan 19 minggu, ada saat yang membuat jantung berdebar bahkan suatu keadaan kecilpun mampu membuat kita terkejut. Hal ini sangat wajar bagi seorang Ibu yang sedang mengandung.

Apalagi sang janin sedang dalam masa pertumbuhan yang pesat di dalam rahim kita. Jika kita bisa melihat langsung kedalam perut kita (seorang Bunda) maka kita bisa melihat indahnya ciptaan Tuhan yang bertumbuh dengan cepat di dalam sana. Demikian saya ketika melewati masa kehamilan di Usia 19 minggu ( kehamilan trimester ke dua), perasaan senang bercampur penasaran berkecamuk di benak saya, karena sang bayi begitu usil, gerakan-gerakan kecil sangat terasa. saya mencoba mencari tahu apa yang sedang terjadi di dalam sana, pertumbuhan apa yang sedang terjadi dengan sang janin di usia 19 minggu ini.

Kandungan 19 MingguKandungan 19 Minggu

Ternyata di kandungan usia 19 minggu ini ginjal si kecil sudah berfungsi sepenuhnya, hal ini berarti sang bayi mulai memproduksi urin di dalam tubuhnya sendiri, air seninya akan masuk di dalam kantung ketuban, dan pertumbuhan lainnya adalah di kehamilan 19 minggu ini adalah Vernix, lapisan putih susu yang melindungi kulit bayi, muncul di seluruh tubuh bayi Anda untuk menjaga kulitnya dari cairan ketuban. sang janin berumur 19 minggu beratnya sekitar 8 ons dan ukuran ½ 6 inci.

Kehamilan 19 Minggu ini mungkin akan sedikit membuat bunda merasakan pening atau mual-mual, hal ini normal terjadi, Antasida seperti Tums atau Rolaids dianggap aman untuk dikonsumsi selama kehamilan saat diperlukan. Cobalah mengunyah permen karet setelah makan, minum susu hangat dengan madu sebelum tidur, makan yoghurt atau buatlah bantal yang lebih tinggi untuk meletakkan kepala bunda (lihat juga tips ketika usia kehamilan 18 minggu).

Di saat Kehamilan 19 Minggu adalah waktu yang tepat bagi bunda untuk menentukan dekorasi yang tepat untuk si kecil, lakukanlah dengan hati-hati, perhatikan untuk memilih bahan -bahan yang lembut dan tidak licin untuk memastikan keselematan Bunda dan sikecil dari kecelakaan terpeleset. Jika memungkinkan tutupilah lantai dengan karpet yang lembut.
Meski anda merasakan kelesuan, namun sanagat penting untuk tetap memelihara kebersihan rumah anda, jadi usia kehamilan 19 minggu jangan membuat anda merasa malas lagi ya bunda. Semangat.... :)

8 comments:

nina said...

di usia kandungan ini berat janin saya cuma 4.5ons.

sangat kurang ya?

Anonymous said...

Di usia ini saya mengadakan syukuran 4 bulanan dan sangat lelah sekali... saran saya kl mengadakan acara jgn di rumah mertua.. di rumah sendiri lebih nyaman...

cendera said...

saya juga syukuran di rumah mertua, untungnya mertua sigap sekali jadi saya tidak banyak gerak.. kl di rumah sendiri malah hrs beres2 sendiri. semoga bayi kita sehat selalu yah..

Anonymous said...

7bln baru buat kesyukuran.. di rumah mertua..

Anonymous said...

di uk 18 week berat bayi ku udah 1,4kg bund,,,tp msh k.o terus nih...

cara cepat hamil said...

kehamilan 19 minggu ,
makasi infonya :)

menthel said...

Senang..

Anonymous said...

Bener bgtt.. Bun, sy jg lg hmil 19w. Pening dn mual2 lg.. Pdl kmaren udh ilang mual2ny..

Post a Comment

Kalender Kehamilan