Kehamilan 13 Minggu

Trimester Kehamilan
12 3
Usia kehamilan bunda sudah memasuki 13 minggu? wah selamat ya Bun..., berarti usia kehamilan bunda sudah memasuki trimester kedua, atau usia kehamilan bunda sudah genap tiga bulan.

Kehamilan 13 minggu
Usia bayi 13 minggu
by 3dpregnancy.parentsconnect.com
Apa saja sih yang terjadi pada sang bayi pada usia 13 minggu? yang saya baca dari sebuah buku kehamilan, bayi kira-kira berbobot 20 gram dengan panjang kira-kira 8 cm, masih terbilang kecil namun perkembangan otaknya sudah pesat lho bunda.. nyatanya sekarang sang bayi mungil telah bisa menghisap jempol tangannya, sangat beruntung apabila sang bunda melihat di USG saat bayi dalam posisi demikian. Kelopak matanya sudah mampu menutup matanya secara utuh.

Saat memasuki usia kehamilan 13 minggu, tulang-tulang yang membentuk tubuhnya kian kuat setiap harinya, dan gusi giginya sudah terbentuk sedemikian rupa yang menjadi dasar tumbuhnya gigi di kemudian hari, pada kehamilan 12 minggu kemarin sudah bunda kasih tau kan pentingnya merawat kebersihan bunda termasuk harus rajin gosok gigi, hehehe.

Apa yang terjadi pada tubuh sang bunda pada kehamilan 13 minggu ini? Bentuk payudara sang bunda mungkin akan terlihat lebih kencang dari biasanya, dan terlihat indah jika memakai baju ketat, hal ini terjadi karena pengaruh hormon Estrogen dan progesteron yang merangsang kelenjar penghasil susu di payudara Bunda dan membuat mereka tumbuh, tumbuh, tumbuh.

Perut sang bunda juga akan terlihat menggendut sedikit, namun dalam beberapa kasus terjadi perut sang bunda ada juga yang belum menunjukkan kehadiran sang bayi pada usia 3 bulan, jangan khawatir bunda, karena setiap wanita mempunyai waktu yang berbeda-beda terhadap perkembangan janinnya termasuk tanda seperti cairan keputihan dalam miss v, yang biasanya muncul di trimester kehamilan pertama.

Tips pada usia kehamilan 13 minggu, nah memasuki kehamilan 4 bulan ini, sang bunda sudah memerlukan pakaian yang elastis, hindari memakai celana jeans, karena perut sang bunda akan cepat tumbuh dan tumbuh.
Jangan malu untuk meminjam baju daster atau pakaian ibu hamil kepada ibu, teman atau saudara yang telah mengalami kehamilan. Jadi saat bunda di Mall atau di Butik, pikirkan pakaian yang longgar untuk dikenakan. Selamat ya bunda, kehamilan 13 minggu berarti telah memasuki usia kehamilan 4 bulan. 

7 comments:

Nich said...

Ini yang komentar di atas saya.. gak pakai mikir apa ya? Tulisan di atas begitu membahagiakan kehamilan, eeh dia malah gak nyambung. spammer

cara cepat hamil said...

makasi banyak infonya :)

Lowongan CPNS 2014 said...

Wah sepertinya lucu ya jika bisa dilihat pada usia kehamilan 13 minggu

Unknown said...

Mksh infonya sngat mmbatu..krna istri saya sedang hamil usia 13 minggu 10hari.

Unknown said...

X sabar nak tggu baby mommy ni

Nahla azkya said...

wah itu sama dengan 14 minggu 3 hari dnk

Nahla azkya said...

wah itu sama dengan 14 minggu 3 hari dnk

Post a Comment

Kalender Kehamilan