Kehamilan 11 Minggu

Trimester Kehamilan
12 3
Pada Kehamilan 11 minggu suami bunda terkejut bercampur kagum dengan perubahan tubuh yang dialami Bunda. Ada hal-hal yang menjadi perhatian kami saat kehamilan  ini terjadi yaitu sakit kepala bunda yang tiada hentinya, rasanya cenut-cenut, sebentar hilang, sebentar kambuh lagi.

Menurut dokter kehamilan yang Bunda datangi, selama masa kehamilan, seorang ibu sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi obat-obatan tanpa sepengetahuan atau resep dokter, padahal diluaran sana banyak sekali obat yang dijual untuk meredakan rasa sakit kepala yang begitu mengganggu aktivitas bunda.

Alternatif yang bunda jalani untuk meredakan sakit kepala ini saat hamil 11 minggu ini  adalah dengan mengkompres dengan handuk dingin, dan olahraga ringan selama kehamilan ternyata sangat ampuh untuk mengatasi sakit kepala ini. Namun ada pengecualian bagi seorang ibu yang mempunyai penyakit migrain, kalo untuk hal ini cobalah konsultasi ke dokter kehamilan, karena bunda sendiri tidak tahu obat yang tepat bagi wanita hamil penderita migrain.

kehamilan usia 11 minggu
Kehamilan 11 minggu
by 3dpregnancy.parentsconnect.com
Menurut buku-buku yang bunda baca, pada kehamilan minggu ke 11 ini Semua organ vital bayi bunda sekarang sudah terbentuk dan berfungsi, sehingga risiko cacat menurun minggu ini karena bayi Anda menjadi rentan terhadap pengaruh luar. Jadi ingat ya bunda... untuk selalu menjaga tubuh selama kehamilan dari pengaruh luar agar janin tidak cacat.







Perkembangan menarik lainnya pada kehamilan 11 minggu ini termasuk:

Dalam sembilan minggu,
berat badan bayi akan meningkat 30 kali  dan panjangnya hampir tiga kali lipat. Telinga bayi telah menempati tempatnya yang layak minggu 11 ini dan tempat tumbuhnya kuku mulai bentuk beserta calon kukunya.

Sementara ini di kehamilan usia 11 minggu testis atau indung telur benar-benar telah  terbentuk, namun jangan mulai mendekorasi ruangan kamar karena bunda dan ayah tidak akan dapat melihat jenis kelamin bayi untuk beberapa minggu kedepan. Bayi sekarang benar-benar telah bergerak. Pada USG bunda dapat melihat sedikit adegan seperti  memukul-mukul lengan nya dan kaki dan melakukan jungkir balik. Bunda mungkin tidak dapat merasakan gerakan apapun, jadi jika bunda merasakan sesuatu "tendangan" di sana, bunda merasakan itu mungkin  seperti ingin buang gas.

1 comments:

cara cepat hamil said...

makasi banyak infonya .
nice :)

Post a Comment

Kalender Kehamilan