Kehamilan Minggu Ke 5

Trimester Kehamilan
12 3
Kehamilan MInggu Ke 5
Usia janin 5 MInggu
by 3dpregnancy.parentsconnect.com
Kalender kehamilan menunjukkan minggu ke 5, ini berarti anda sudah melewati 1 bulan kehamilan, trus apa saja sih yang terjadi di lima minggu kehamilan ini?

Pada sang bayi.

Yang saya atau dari beberapa sumber, pada minggu ke 5 ini, jantung mikroskopis bayi mulai berdetak, meskipun hal ini tidak akan terdeteksi dengan salah satu Dopplers selama beberapa minggu, sehingga sang ibu ataupun suami anda harus menunggu sedikit lebih lama untuk mendengar suara deguban jantung di perut ibu.

Berikut ini adalah beberapa hal yang sedang terjadi pada tubuh bayi mungil anda:

Kehamilan MInggu Ke 5Dengan detak jantung, darah akan mulai beredar ke seluruh tubuh. Sistem organ pertama bayi Anda akan berdiri dan berjalan!

Berawal dari otak, kemudian akan mengkoordinasi pertumbuhan jantung, saraf dan sistem reproduksi, serta semua sistem utama lain.

Bayi baru sedang membangun jaringan ketuban dan plasenta, Semua hal tersebut berlangsung dengan sangat cepat dan bayi Anda hanya berukuran 2 milimeter seperti panjang seukuran biji wijen (coba bayangkan anda sedang makan onde-onde, biji wijen adalah bayi anda, kecil sekali bukan?).

Bagaimana dengan sang Ibu?

Pada kehamilan minggu ke 5 ini, sekarang adalah waktunya untuk memprioritaskan terhadap makanan yang bergizi tinggi, karena Wanita hamil rata-rata membutuhkan sekitar 300 kalori ekstra setiap harinya.

Sebuah perencanaan makanan menu yang bergizi perlu dipikirkan untuk memenuhi kebutuhan bayi terlebih dahulu, sehingga ada beberapa menu yang mungkin harus anda konsumsi setiap harinya seperti sayuran, buah-buahan untuk mendapatkan kalori extra tersebut.

Apa yang dapat anda lakukan pada kehamilan minggu ke 5?

Saat ini adalah saat yang mengesankan, karena pertumbuhan perut anda akan berlangsung dan menjadi semakin besar tiap minggunya, jadi jika anda memiliki kamera, ambilah foto perut anda dan beberapa bulan kemudian anda tidak akan percaya bahwa perut anda mengalami pertumbuhan yang menakjubkan, cobalah karena saya sendiri telah membuktikannya, dan hampir tak percaya bahwa perut yang tadinya sangat kecil dalam 4 bulan saja sudah terlihat berbeda, sangat indah.

Mulailah buat daftar atau list barang yang ingin anda miliki, karena di bulan-bulan berikutnya, anda akan membutuhkan waktu yang banyak untuk mengumpulkan semua barang untuk keperluan anda dan bayi anda. kehamilan minggu ke 5 adalah momentum anda sebagai seorang ibu.

3 comments:

mufvid said...

aku sudah menikah 2tahun dan terakhir aku haid tgl 5 sept 2012,dan mpek sekarang tgl 12 okt 2012 aku belum haid sebelumnya siklus haidq teratur dan baru kali ini aku terlambat tahun lalu aku sempat KB soalnya haidku tahun lalu gak teratur,tapi yang aku bingungkan tadi pagi pas aku tes kok masih negatif yah mohon infonya dong agar aku gak GR,tapi tanda kayak kram perut dan sakit pinggang and PD sakit udah aku rasain.thank's

Anonymous said...

Aku sdh terlambat haid 2bln 7 hari. sdh testpact 2X hasilnya negative,Seminggu yang lalu Saya sdh ke dokter,dikatakan rahim besar dan telah terjadi penebalan dinding rahim,dan kata dokter Saya akan sulit hamil dengan kondisi yg ada (ada miom kecil2),tapi Sy tdk pernah merasa sakit bila haid dan semua berjalan normal bila haid itu datang. doter meresepkan norelut+multivitamin biosanbe,katanya untuk memancing haid,namun smp norelut habis (hny untuk 3hr),haid belum juga datang. Ini sdh 1 minggu terhitung sesudah periksa,masih blm haid juga. Sementara,peruy dan PD rasa2nya menjadi lebih besar,berat dan begah. Apa sesungguhnya yg terjadi dengan badan Saya?

cara cepat hamil said...

thanks infonya :)

Post a Comment

Kalender Kehamilan