Makanan Ibu Hamil

Trimester Kehamilan
12 3
Makanan Ibu hamil haruslah sehat dan bergizi karena akan berpengaruh langsung terhadap janin. Bobot ideal bagi bayi sehat yang Ibunya mengonsumsi makanan sehat adalah sekitar 3,18 Kg, sedangkan bayi dengan ibu bergizi rendah bobotnya hanya sekitar 2,78 Kg pada masa kelahirannya.

makanan ibu hamilGizi bagi ibu hamil ini bertumpu pada angka kecukupan gizi dan vitamin, misalnya saja kualitas darah sang ibu akan berpengaruh besar pada kehidupan janin, bayi bisa saja mengalami kematian karena anak secara fisiologis bisa tercekik karena tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup karena rendahnya tingkat sel darah merah sang Ibu, oleh karena itu Vitamin K harus tercukupi dengan baik dalam menu Makanan Ibu hamil.

Jika seorang ibu hamil kekurangan vitamin B, maka bayi akan cepat terserang penyakit beri-beri yang jika tidak cepat ditangani akan menyebabkan kematian pada bayi. Jika makanan ibu hamil kekurangan vitamin A, anak bisa mengalami kebutaan khususnya jika kekurangan ini sangat parah, atau dalam gejala ringan sang anak akan mengalami gangguan kornea.

Ibu hamil harus mengonsumsi sumber-sumber karbohidrat seperti gandum, nasi, biji-bijian, berbagai jenis buah dan sayuran dalam menu makanan sehatnya.
Makanan Ibu hamil hendaknya juga memenuhi sumber-sumber protein terkaya dengan kandungan asam amino yang sempurna, yakni protein hewani seperti daging sapi, kambing, ayam, ikan dan susu. sedangkan protein nabati bisa didapat dari sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan kering.

Sedangakan sumber vitamin bagi makanan ibu hamil adalah sebagai berikut:








Vitamin A
















terdapat dalam kuning telur, susu, sayuran, buah-buahan dn ubi







Vitamin D















Terdapat dalam kuning telur, hati, ikan, dan terbentuk di bawah jaringan kulit yang langsung terkena sinar matahari pagi.







Vitamin C















terdapat dalam buah-buahan segar seperti jeruk, dan semua jenis buah-buahan yang masam, anggur, tomat. Vitamin C dalam makanan ibu hamil ini akan menghilang jika disimpan dan dipanaskan, dengan demikian hindari perasan buah-buahan dalam kaleng.







Vitamin B1















terdapat dalam biji-bijian yang tidak dibuang kulitnya secara total seperti gandum, nasi, susu sapi, telur ayam, hati, ragi, ikan dan buah-buahan yang berkulit keras dan berdaging.







Vtitamin B2















Biasanya Buah yang mengandung Vit B1 mengandung juga vitamin B2







Vitamin B6















Terdapat di dalam hati, daging, ikan, susu sapi, biji-bijian, kacang tanah.







Vitamin B12















terdapat dalam daging, ayam, ikan, susu, telur da keju







Vitamin K















Terdapat di sayuran berwarna hijau seperti kubis, sayuran ubi-ubian, sedikit di kuning telur, hati dan susu







Mineral















Makanan ibu hamil harus dilengkapi dengan sumber mineral, oleh karena sumber termudah adalah kecukupan air minum setiap harinya, baik air susu, buah-buahan, makanan laut, dsb.


Para Ibu yang mengandung harus senantiasa memperhatikan makanan dan minuman selama masa kehamilan dan menyusui supaya anak yang dikandung bisa tumbuh sehat dan mendapat kehidupan yang baik, demikian tips makanan ibu hamil.

3 comments:

Obat Kolesterol said...

terima kasih banyak telah berbagi informasi tentang makanan ibu hamil... semoga tuhan memberikan yang terbaik bagi kita semua

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
cara cepat hamil said...

thanks infonya :)

Post a Comment

Kalender Kehamilan